Bentuk Konservasi Alam

Secara umum bentuk konservasi dapat dibedakan atas 2 (dua) golongan, yaitu:
  1.  Konservasi in situ : adalah kegiatan konservasi flora/fauna yang dilakukan di dalam habitat aslinya. Konservasi in situ mencakup kawasan suaka alam (Cagar alam dan Suaka Margasatwa) dan kawasan pelestarian alam (Taman Nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam).
  2. Konservasi ek situ : yaitu kegiatan konservasi flora/fauna yang dilakukan di luar habitat aslinya. Konservasi ek situ dilakukan oleh lembaga konservasi, seperti kebun raya, arbetrum, kebun binatang, taman safari, dan tempat penyimpanan benih dan sperma satwa.

Adapun macam-macam bentuk konservasi alam adalah sebagai berikut :
  • Taman Nasional
Taman Nasional berfungsi sebagai perlindungan dari sistem pendukung dan perlindungan kehidupan bagi hewan dan tumbuhan. Selain itu, taman nasional juga penting bagi sains, pendidikan, budaya dan rekreasi.
Contoh Taman Nasional di Indonesia adalah : Taman Nasional Gunung Leyser di Aceh, Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Taman Nasional Tanjung Puting, dan Taman Nasional Kepulauan Seribu.
  • Cagar Alam
Cagar Alam adalah cagar, karakteristik untuk tanaman dan hewan, perkembangannya tetap untuk alam.
Contoh Cagar Alam di Indonesia adalah Cagar Alam Rafflesia di Bengkulu, Cagar Alam Kawah Yayen di Jawa Timur, dan Kawah Gunung Krakatau di Lampung.
  • Taman Laut
Taman Laut adalah wilayah laut yang memiliki ciri khas keindahan alam, yang dirancang untuk melindungi keanekaragaman hayati di lautan.
Contoh Taman Laut di Indonesia adalah Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara.
  • Kebun Raya
Kebun Raya adalah kumpulan tanaman di tempat yang berasal dari berbagai daerah untuk konservasi, sains, dan rekreasi.
Contoh Kebun Raya di Indonesia adalah Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Kuningan, Cibodas Botanical Garden, dan Batu Raden.





Sumber:
https://maritimtours.com/sejarah-dan-legenda-pulau-komodo-flores.html
https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/gunung/gunung-krakatau
https://www.berpendidikan.com/2016/02/pengertian-konservasi-dan-macam-macam-contoh-konservasi-serta-upaya-pelestarian-keanekaragaman-hayati.html
https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwj3gaiqx5rjAhUUPXAKHZe9AzIQMwhKKAEwAQ&url=https%3A%2F%2Fen.wikipedia.org%2Fwiki%2FCibodas_Botanical_Garden&psig=AOvVaw24wBrHp_yb33KGOOkrOMTC&ust=1562305412736741&ictx=3&uact=3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK ARSITEKTUR NORMATIF DENGAN METODE DOKTRIN

PENJABARAN HAK ASASI MANUSIA DALAM UUD 1945

Kawasan Kota Lama di Bandung