KRITIK ARSITEKTUR NORMATIF DENGAN METODE DOKTRIN


KRITIK NORMATIF
  • Hakikat kritik normatif adalah adanya keyakinan (conviction) bahwa di lingkungan dunia manapun, bangunan dan wilayah perkotaan selalu dibangun melalui suatu model, pola, standard atau sandaran sebagai sebuah prinsip.
  • Melalui suatu prinsip, keberhasilan kualitas lingkungan buatan dapat dinilai
  • Suatu norma tidak saja berupa standard fisik yang dapat dikuantifikasi tetapi juga non fisik yang kualitatif.
  • Norma juga berupa sesuatu yang tidak konkrit dan bersifat umum dan hampir tidak ada kaitannya dengan bangunan sebagai sebuah benda konstruksi.


METODE KRITIK NORMATIF
Karena kompleksitas, abstraksi dan kekhususannya kritik normatiF dibedakan kedalam 4 metode yaitu :
  • Metoda Doktrin
Satu norma yang bersifat general, pernyataan prinsip yang tak terukur
  • Metoda Sistemik
Suatu norma penyusunan elemenelemen yang saling berkaitan untuk satu tujuan
  • Metoda Tipikal
  • Suatu norma yang didasarkan pada model yang digenralisasi untuk satu kategori bangunan spesifik
  • Metoda Terukur
Sekumpulan dugaan yang mampu mendefinisikan bangunan dengan baik secara kuantitatif
Jadi dalam kritik arsitektur ini saya ambil salah satu metode kritik arsitektur yaitu kritik metoda doktrin.

METODE KRITIK DOKTRIN
  • Doktrin sebagai dasar dalam pengambilan keputusan desain arsitektur yang berangkat dari keterpesonaan dalam sejarah arsitektur.
  • Sejarah arsitektur dapat meliputi : Nilai estetika, etika, ideologi dan seluruh aspek budaya yang melekat dalam pandangan masyarakat.
  • Melalui sejarah, kita mengenal :

Form Follow Function - Function Follow Form
Form Follow Culture - Form Follow World View
Less is More - Less is Bore
Big is beauty – Small is beauty
Buildings should be what they wants to be
Building should express : Structure, Function, Aspiration, Construction Methods, Regional Climate and Material Ornament is Crime - Ornament makes a sense of place, genius loci or extence of architecture.
  • Doktrin bersifat tunggal dalam titik pandangnya dan biasanya mengacu pada satu ‘ISME’ yang dianggap paling baik.


KEUNTUNGAN METODE KRITIK DOKTRINAL
  •        Dapat menjadi guideline tunggal sehingga terlepas dari pemahaman yang samar dalam arsitektur
  •        Dapat memberi arah yang lebih jelas dalam pengambilan keputusan
  •       Dapat memberikan daya yang kuat dalam menginterpretasi ruang
  •       Dengan doktrin perancang merasa bergerak dalam nilai moralitas yang benar
  •        Memberikan kepastian dalam arsitektur yang ambigu
  • ·     Memperkaya penafsiran


KERUGIAN METODE KRITIK DOKTRINAL
  •         Mendorong segala sesuatunya tampak mudah
  •         Mengarahkan penilaian menjadi lebih sederhana
  •         Menganggap kebenaran dalam lingkup yang tunggal
  •         Meletakkan kebenaran lebih kepada pertimbangan secara individual
  •         Memandang arsitektur secara partial
  •         Memungkinkan tumbuhnya pemikiran dengan kebenaran yang “absolut”
  •         Memperlebar tingkat konflik dalam wacana teoritik arsitektur



CONTOH KRITIK ARSITEKTUR DENGAN METODE DOKTRIN


GUGGENHEIM MUSEUM BILBAO


Lokasi                               : Bilbao, Basque Country, Spanyol
Arsitek                              : Frank Gehry
Luas lahan                        : 32.700 m2
Peresmian                        : 18 October 1997
Konsep Bangunan          : Bergaya Arsitektur Kontemporer atau Dekonstruktivisme 
                 
 Merupakan museum dan seni modern kontemporer. Museum ini dirancang oleh arsitek Kanada-Amerika yaitu Frank Gehry, dibangun oleh Ferrovial dan terletak di Bilbao, Basque Country, Spanyol. Guggenheim Museum Bilbao dibangun di sepanjang Sungai Nervion dan merupakan salah satu dari beberapa museum milik Solomon R. Guggenheim Foundation. Hal yang sangat mengagumkan dari Guggenheim Museum ini yaitu desainnya yang bergaya karya arsitektur kontemporer atau Corak bangunannya bergaya dekonstruksi yang unik dari seni arsitektur modern. Museum yang berada di Spanyol tersebut memiliki pameran tetap dan mengunjungi karya-karya seniman Spanyol dan internasional.
Guggenheim selesai dibangun tahun 1980 Bangunan ini menjadi arsitektur yang merupakan momen tunggal dalam budaya arsitektur karena berupa arsitektur langka. Bangunan menempati total 24000 meter persegi dan terdiri dari serangkaian volume kompleks yang berinteraksi satu sama lain dengan cara spektakuler, dengan jelas mengabaikan hukum statika. Museum ini adalah bangunan paling sering disebut sebagai karya yang menakjubkan tak hanya di Spanyol tetapi juga di tingkat internasional. Hal tersebut berdasarkan survey di kalangan ahli arsitektur di tahun 2010.   
Bangunan ini menjadi yang paling penting dari karya-karya yang terkandung di dalamnya dan salah satu bangunan paling spektakuler dari dekonstruksionisme. Dirancang di perairan yang tercermin meningkat bahkan lebih yang spektakuler, terutama pada malam hari ketika Anda mempertimbangkan bahwa tingkat air ditempatkan burner yang menonjol api berwarna dicampur dengan semprotan air.


              Bentuk bangunan ini sering diinterpretasikan sebagai seekor ikan, walaupun ia tidak secara eksplisit tergambar seperti itu. Namun konteks kota Bilbao yang berada di antara dua sungai dan tapak Guggenheim sendiri yang berada di tepi air menjadikan proses pembentukan bangunan ini mengambil bentuk dari seekor ikan dengan pola bekas air di sekitarnya Frank Gehry mengambil bentuk ikan ini dikarenakan bangunan ini diapit oleh dua sungai.


Yang mencolok dari bangunan ini adalah, elemen penutup yang menyelimuti hampir seluruh bangunan ternyata bukan dari pelat besi atau aluminium seperti pada karya-karya Gehry sebelumnya, melainkan terdiri dari lapisan bahan metal yang sangat kuat dan tahan ratusan tahun, yaitu titanium, yang biasanya digunakan untuk membuat pesawat terbang.
Dampak dengan lingkungan sekitarnya tentu kuat tetapi tidak cukup untuk membuat gangguan, memang struktur mengesankan menyatu dengan lingkungan berkat keanggunan sederhana dari bahan Titanium yang membuat struktur brilian hampir seperti sisik ikan (lembaran batu kapur dan lembar kaca yang dibentuk oleh thermal kristal ganda yang melindungi interior dari panas dan radiasi matahari).


Pemandangan paling spektakuler adalah didalam atrium setinggi 55 m yang tersusun dari kepingan- kepingan dinding masif dan transparan yang meliuk-liuk dan menciptakan ruang yang yang sangat plastis dan sculptural. Eksteriornya memiliki gaya yang unik berbahan kaca dan batu pasir serta berlapis plat titanium. Dari atrium ini kita juga bisa menuju ruang luar yang menghadap sungai dan kota tua Bilbao sengan bukaan kaca berukuran besar yang dilengkapi kanopi berkolom tunggal dan menjorok ke arah sungai.


Di sekitar area museum terdapat dua patung unik. Tepatnya di pintu masuk berdiri anjing raksasa yang terbuat dari rangkaian ratusan bunga hasil kreasi Jeff Koons. Tak jauh dari situ, giant spider karya Louise Bourgeois ikut berdiri dengan angkuhnya menghadang setiap pengunjung museum.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENJABARAN HAK ASASI MANUSIA DALAM UUD 1945

Kawasan Kota Lama di Bandung