KRITIK ARSITEKTUR DESKRIPTIF
KRITIK DESKRIPTIF (DESCRIPTIVE
CRITICISM)
- Deskriptif mencatat fakta-fakta pengalaman seseorang
terhadap bangunan atau kota
- Dibanding metode kritik lain descriptive criticism
tampak lebih nyata (factual)
- Lebih bertujuan pada kenyataan bahwa jika kita tahu apa
yang sesungguhnya suatu kejadian dan proses kejadiannya maka kita dapat
lebih memahami makna bangunan.
- Lebih dipahami sebagai sebuah landasan untuk memahami
bangunan melalui berbagai unsur bentuk yang ditampilkannya .
- Tidak dipandang sebagai bentuk to judge atau to
interprete. Tetapi sekadar metode untuk melihat bangunan sebagaimana apa
adanya dan apa yang terjadi di dalamnya.
JENIS - JENIS METODA
DESKRIPTIF
- Depictive Criticism (Gambaran
bangunan)
Depictive cenderung tidak dipandang sebagai
sebuah bentuk kritik karena ia tidak didasarkan pada pernyataan baik atau buruk
sebuah bangunan. Sebagaimana tradisi dalam kritik kesenian yang lain, metode
ini menyatakan apa yang sesungguhnya ada dan terjadi disana. Masyarakat
cenderung memandang dunia sesuai dengan keterbatasan pengalaman masa lalunya,
maka melalui perhatian yang jeli terhadap aspek tertentu bangunan dan
menceritakan kepada kita apa yang telah dilihat, kritik depiktif telah menjadi
satu metode penting untuk membangkitkan satu catatan pengalaman baru seseorang.
Kritik depiktif tidak butuh pernyataan betul atau salah karena penilaian dapat
menjadi bias akibat pengalaman seseorang di masa lalunya. Kritik depiktif lebih
mengesankan sebagai seorang editor atau reporter, yang menghindari penyempitan
atau perluasan perhatian terhadap satu aspek bangunan agar terhindar dari
pengertian kritikus sebagai interpreter atau advocate.
Kritik
depictive dibagi secara :
· Secara
Grafis (Static)
Depictive criticism
dalam aspek static memfocuskan perhatian pada elemen-elemen, bentuk (form),
bahan (materials) dan permukaan (texture). Penelusuran aspek static dalam
depictive criticism seringkali digunakan oleh para kritikus untuk memberi
pandangan kepada pembaca agar memahami apa yang telah dilihatnya sebelum menentukan
penafsiran terhadap apa yang dilihatnya kemudian. Penggunaan media grafis dalam
depictive critisim dapat dengan baik merekam dan mengalihkan informasi bangunan
secara non verbal tanpa kekhawatiran terhadap biasAspek static depictive
criticism dapat dilakukan melalui beberapa cara survey antara lain : fotografi,
diagram, pengukuran dan deskripsi verbal (kata-kata).
.
· Secara
Verbal (Dynamic)
Tidak seperti aspek static, aspek dinamik depictive mencoba
melihat bagaimana bangunan digunakan bukan dari apa bangunan di buat. Aspek
dinamis mengkritisi bangunan melalui Bagaimana manusia bergerak melalui
ruang-ruang sebuah bangunan? Apa yang terjadi disana? Pengalaman apa yang telah
dihasilkan dari sebuah lingkungan fisik? Bagaimana bangunan dipengaruhi oleh
kejadian-kejadian yang ada didalamnya dan disekitarnya?
· Secara
Process (Secara Prosedural)
Merupakan satu bentuk
depictive criticism yang menginformasikan kepada kita tentang proses bagaimana
sebab-sebab lingkungan fisik terjadi seperti itu. Bila kritik yang lain
dibentuk melalui pengkarakteristikan informasi yang datang ketika bangunan itu
telah ada, maka kritik depiktif (aspek proses) lebih melihat pada
langkah-langkah keputusan dalam proses desain yang meliputi :
· Kapan bangunan itu mulai
direncanakan,
· Bagaimana perubahannya,
· Bagaimana ia diperbaiki,
· Bagaimana proses
pembentukannya.
KELEBIHAN KRITIK
DESKRIPTIF
Dengan
kritik deskriptif kita bisa mengetahui suatu karya hingga ke seluk beluknya.
Metode dari deskriptif ini dapat di kritisi secara induktif, dari hal yang umum
ke khusus ataupun deduktif dari hal yang khusus ke umum. Metode kritik ini
tidak bertujuan untuk pengembangan karya selanjutnya seperti metode impresionis
yang menggunakan hasil kritik untuk karya selanjutnya.
KEKURANGAN KRITIK
DESKRIPTIF
Hanya
menjelaskan secara singkat tentang isi, proses, dan pencipta sebuah karya.
SAITAMA SUPER ARENA
·
Alamat : 8 Shintoshin, Chuo Ward,
Saitama, Saitama Prefecture
330-9111, Jepang
·
Kapasitas : 37.000
·
Tinggi : 42 m
·
Dibuka : 1 September 2000
·
Telepon : +81 48-600-3001
·
Arsitek : Dan Meis
Arsitek telah bereksperimen dengan ide mobile architecture(yang mana komponen nya
dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna yang berubah-ubah)
selama beberapa dekade terakhir dengan hasil yang menarik. Kembali pada abad
60-an, Kisho Kurokawa mengusulkan teorinya tentang metabolisme, di mana
bagian-bagian atau komponen yang diintegrasikan ke dalam keseluruhan perkotaan
atau arquitecónico dapat berubah dalam sistem terstruktur yang dapat diperluas.
Peninggalan
Kurokawa di Jepang kontemporer dapat
dilihat seiring berjalan nya arsitektur dari
hari ke hari seperti dalam kasus hotel kapsul(capsule
hotel) sampai public works dan
paling representatif dari Saitama Super Arena yang lebih besar, atau Dome
Sapporo.
Stadion
transformator yang mengesankan ini dirancang oleh tim yang dibentuk oleh kantor
terkenal dalam kemitraan dengan Nikken Sekkei, perusahaan berusia hampir
setengah abad, Ellerbe Becket dan Flack + Kurtz Consulting Engineers. Bangunan
ini telah memenangkan beberapa penghargaan karena inovasi teknologinya dan
kualitas tinggi.
Lahan ini terletak di Saitama
Prefecture yang berada di Tokyo bagian utara yang sekarang secara otomatis
adalah pinggiran Ibukota Jepang.
Saitama
Super Arena adalah bangunan yang dapat berfungsi sebagai stadion untuk 37.000
orang, sebuah colosseum dengan
kapasitas untuk 22.000 penonton dan aula konser 5.000 kursi. Transformasi dari
satu fungsi ke fungsi lainnya hanya membutuhkan waktu 20 menit, struktur
raksasa menggantikan 15.000 ton menyusut dan tinggi 41,5 m yang bergerak sejauh
70 meter, membawa serta sekitar 9.000 kursi. Tapi tidak hanya kursi yang
berpindah, kamar mandi, lorong-lorong, kantor dan berbagai peralatan yang dapat
disesuaikan secara tepat dipilih untuk peran baru.
Desainnya mencakup kemungkinan bahwa gedung secara serempak
dapat melaksanakan acara seperti konser, pameran dan acara olahraga. Selain
itu, ketinggian panel atap dapat disesuaikan sesuai dengan persyaratan akustik
acara yang berlangsung pada waktu itu.
Bagian depan dari penunjang kolosal memberikan bangunan
spektakuler dan monumental. Fasad kaca melengkung dan bangunan terpapar cahaya
di siang hari dan membuat referensi malam penuh warna, dan terdiri dari dua
bagian: di bagian pejalan kaki adalah atrium monumental yang membuka jalan
menuju stasiun kereta api di Saitama. dengan sebuah jembatan.
Di atasnya yang menyerupai piring terbang
terdapat kaca silinder bervolume lain yang berisikan ruangan gym dan fasilitas lain, didukung oleh
serangkaian kolom dalam bentuk "V".
Mahkota bangunan merupakan struktur yang menyerupai kipas
terletak lebih dari 60m diatas tanah, memberikan kesan selamat datang pada
pengunjung. Desain dari bangunan ini berisikan elemen yang mengimbangi
monumentalitas bangunan ini, jadi membuat Saitama Super Arena terkesan berskala
yang manusiawi.
Museum John Lennon terletak berdekatan dengan fasad Saitama
Super Arena, bangunan 2 lantai yang merupakan rumah dari koleksi mendiang John
Lennon, yang di sumbangkan oleh istrinya
Yoko Ono. Ini mungkin tampak tidak biasa, tetapi ini adalah museum John Lennon
pertama di dunia. Selain menjadi elemen yang menarik, membantu memberikan skala
yang lebih manusiawi kepada keseluruhan.
Baja dan
kaca adalah bahan yang paling banyak digunakan dalam pekerjaan ini, namun, aluminium
juga hadir sebagai lapisan balok kantilever besar yang berdiri. Singkatnya,
nilai High Tech Aestetic dari
bangunan ini memprioritaskan logam dan kaca, sambil menuntut fungsionalitas
multi-fungsi dan fleksibel
Komentar
Posting Komentar