DISKRIMINASI


Menurut Undang-undang
Pasal 1 ayat 3  Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Diskriminasi merupakan bentuk ketidakadilan. Diskriminasi adalah setiap pembatasan, pelecehan, atau pengucilan yang langsung maupun tak langsung didasarkan pada perbedaan manusia atas dasar agama, suku, ras, etnik, kelompok, golongan, status sosial, status ekonomi, jenis kelamin, bahasa, keyakinan politik, yang berakibat pengangguran, penyimpangan atau penghapusan pengakuan, pelaksanaan atau penggunaan hak asasi manusia dan kebebasan dasar dalam kehidupan baik individual maupun kolektif dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya dan aspek kehidupan lainnya.Perlakuan diskriminasi sangat bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 beserta amandemennya. Undang-Undang Dasar 1945 secara tegas mengutamakan kesetaraan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat baik di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, hukum dan bidang kemasyarakatan lainnya. Untuk itu Undang-Undang Dasar 1945 beserta amendemennya sangat penting untuk menjadi acuan universal para penyelenggara negara dalam melaksanakan tugas dan fungsinya


Menurut KBBI
 Diskriminasi adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya


Menurut PBB
“Diskriminasi termasuk perilaku, berdasarkan perbedaan dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan kemampuan individu atau jasanya”.


Menurut Wikipedia 
Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut

Menurut saya Diskriminasi adalah bentuk ketidak adilan atau pembedaan perlakuan terhadap manusia dan bisa disebut rasis. Diskriminasi terjadi karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan orang lain.

1. Diskriminasi langsung, terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama.
2. Diskriminasi tidak langsung, terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.



Contoh tindakan diskriminasi

Diskriminasi terhadap Tionghoa-Indonesia
Diskriminasi dan kekerasan terhadap orang-orang keturunan Tionghoa di Indonesia telah dicatat setidaknya sejak tahun 1740, ketika Pemerintah Kolonial Belanda membunuh sampai dengan 10.000 orang keturunan Tionghoa selama peristiwa Geger Pacinan. Sejak saat itu, diskriminasi dan kekerasan telah dicatat baik oleh pemerintah asing dan Indonesia. Kejadian terburuk terjadi pada tahun 1998, ketika ratusan orang Tionghoa tewas dan puluhan lainnya diperkosa selama kerusuhan Mei 1998.
Diskriminasi dapat mengambil bentuk kekerasan, diksi atau penggunaan bahasa, dan undang-undang yang sangat membatasi. Karena diskriminasi ini, Tionghoa-Indonesia telah mengalami krisis identitas, tidak dapat diterima oleh Cina dan penduduk Indonesia asli.

Perkembangaan teknologi dalam bidang arsitektur
Dalam pembuatan sketsa awal,  dahulu para arsitek dalam membuat konsep menggunakan sketsa tangan, dan visualisasi warna menggunakan, pensil warna, spidol, cat air, cat minyak, sedangkan di jaman sekarang dengan memanfaatkan teknologi pembuatan sketsa dapat dikerjakan melalui gadget/media smart phone, laptop dan computer serta berbagai pengolahan data dengan software-software yang berkaitan dengan arsitek. Seperti Microsoft Power point untuk presentasi dapat menggunakan . Untuk membuat anggaran dana dapat menggunakan Microsoft Excel. Sedangkan untuk membuat desain dan denah bangunan dapat menggunakan Sketch Up, 3D Max dan Auto Cad. 

Daftar Pustaka
Wikipedia
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
https://id.wikipedia.org/wiki/Diskriminasi_terhadap_Tionghoa-Indonesia#Era_penjajahan 
http://www.gurupendidikan.com/5-pengertian-diskriminasi-menurut-para-ahli-beserta-contohnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK ARSITEKTUR NORMATIF DENGAN METODE DOKTRIN

PENJABARAN HAK ASASI MANUSIA DALAM UUD 1945

Kawasan Kota Lama di Bandung